Minggu, 12 Juni 2011

What Do You mean By SENDING!? Things Like That Are Really NOT IMPORTANT!


DRAWING…sesuatu yang sangat kusukai, tapi music juga kooq! OK! Mmm..dari mana mulainya, yoosh! Hobiku nggambar ANIME! Spa yg nggak taw animee?? Mungkin banyak yang nggak taw ya..anime itu kartun yang kayak Jepang itu lhoo..contonya naruto, bleach, FMA, koi nyan, terus k-on!, ada lagi shaman king, ada juga xxxholic, gundam, yugi-oh!, dan buaanyaak lagee!! (aah..sombong bgtz sih sok taw aja soal anime :P ). Aku hobi nggambar dari TK! Pernah bikin komik mini waktu kelas 2 SD satu buku, kelas 3-6 SD bikin komik yang bersambung nyampe 11 volume (volume bukan yang maksudnya volum kubus ato apalaaaaaah! Maksudnya tuuh bukunya itu lhooo! 1 volum=1 buku.. kayak rumus aja yaaa!!)

Aku slalu nggambar…klo pingin pinjem catetan(cieeh! Sok rajin deeh) siap2 liat halaman puualing belakang bukunya!! Dijamin deh, coretannya buanyaak bgtzz!!! Coretan yg tak pernah luput dari sluruh buku tulisku!!!! Banyak orang bilang waktu ngeliat gambarkuu..

“Yas!! Bagus banget gambarnyaa!!! Kenapa nggak coba NGIRIM komik kemanaaa gitu! Ke kompas kek ato kemana kek!” wajah mereka selalu memancarkan rasa takjub dan senang. Tapi aku selalu menjawab dengan wajah cuek dan kejamku..

“NGGAK TERTARIK” jawabanku selaluuuuuuuu itu itu aja!! Banyak yang bilang sayang.. tapi aku biasa2 aja..apa untungnya dikirim ke Koran, lagian..aku masih takut klo g ke terima. Yaahhh…anggap aja waktu sudah berjalan cepat, sekarang sudah kelas 2 di SMPN 1 Piyungan… bentar lagi kelas 3 (klo naiik!! Doa in yaaaaa!! Aku dah mati2an blajarnyaaa!! Tapi g mati kooq! Tenang aja! Weeeh, klo mati…trus yg nulis ini hantu gentayangan ddooong!! Uhuuhuhhuhuuu~~kuhantui kalian hingga ke tulang2 rusuk kalian!! Kekekeke..g segitunya kalii ==”)

Suatu hari MBAK NOVI, tetanggaku sekaligus murobbiyahku yang kuliah di UGM dateng kerumahku mo liqo. Waktu itu mbbak novi bawa Koran KOMPAS. Trus mbak novi bilang sama aku,

“eh dek! Bagus lhoo! Kamu bisa ngirim komik di rublik kompas mudaa!! Khusus buat anak mudaaaa!! Keren lhooo” mbak novi bilang gitu sambil nunjukin rubliknya. Aku ngeliat komik remaja lain yg diterima di rublik. Nggak terlalu bagus gambarnya..hm..

“NGGAK TERTARIK”, kata2 itu keluar aja..di hatiku, Cuma seberkas ketertarikanku mengirim..nggak kayak biasanya lhoo!

“nanti klo ke terima kan bisa dapet duit..lumayan lho dek” balas mbak novi lagi

“heeeh!!? Dapet uaaang!!!!!??? Enaaak!!” nah, kliatan deh mata duitannya..! ketertarikanku waktu itu yang dari ..ya kira2 5% jadi 70%. Trus aku terdiam sbentar, lalu bilang lagi..

“tapi aku males ahh…nggak tertarik” yaaaaah…saying deeh.
Pada pertemuan slanjutnya, mbak novi bawa korang edisi terbaru. Mbak novi nunjukin komiknya..waktu aku lihatt….aku langsung terbelalak..gambarnya..bagus..(wlo pun jauh sama level gambarku..)

“hiiiiiiih!!!! Gambarnyaa!!! Baguss!! Graaaaaaa!!!! Ih! Ih!!! Pukul! Pukul!!” aku teriak2 kayak gitu sambil mukulin korannya! Ehehehe…aku tu klo ngeliat gambar orang yg g beda jauh umurnya sama aku..gek gambarnya bagus wlo pun aku tau gambarku lbh bagus..nanti langsung..wuuush!! panas deeeh!! Nanti mukul2 gambar itu sambil marah2! Trus aku bilang,

“mbak!! Aku pingin ngirim komikku ke kompas muda!!!! Biar yg mbuat komik ini terkejut! Trus..trus..kekekeke!! biar rasain!!!! Pembalasaaaaaaan!!!(padahal juga dy g ngapa2in…dasar yasmin ==”)” dari situ..dengan didasari rasa balas dendam dan amarah..aku mulai tertarik ngirim komikku. Rasanya, aku tu pingin nunjukin sm semua orang klo gambarku tu g bisa dikalahiin…aduhduuuh…

Aku akhirnya slesai bikin komik, trus aku kirimin lewat email. Aku deg degan klo komikku keterima edisi jum’at saat itu. tapi, aku trus Tanya sama mbak novi,

“mbak Novi! Komikku gimana!? Ada di Kompas??” wajahku sudah senanggg sekali. Mbak Novi jawab,

“Maaf je deek..aku tu tadi lihat BUKAN KOMIKMU yang disana..komiknya spa gitu..,” wajahku langsung membatu begitu kata2 BUKAN KOMIKMU masuk dalam telingaku. Saat itu aku langsung merasa kecewa..”padahal aku dah buat susah2…mm”. aku putus asa.. begini kaaan!! Nggak enak rasanya..komikku nggak keterima..padahal komikku lebih bagus dari itu..beda jauuh!! Aku masih nggak percaya..sama sekali nggak percaya..mana mungkin..apa karena ceritanya jeleek? Tapikan..aku treus murung beberapa hari.

Mbak Novi trus mbujuk aku dan bilang..mungkin aja bukan karena jelek, tapi sebelum kamu ngirim, udah ada yg duluan. Jadi udah ditetapin komiknya yg dimuat. Tapi aku tetap murung. Sbenarnya murungnya Cuma 5 hari (cumaa!!?) selanjutnya aku cuek aja. Terserah! Aku mo ulangan dulu. Habis itu bikin komik buat bulan minggu selanjutnya. Ulangan akhir semester dimulai. Dan aku belajar sunguh2. Hari jum’at (10/6) saat pulang sekolah..capek habis ulangan. Aku dapat SMS..

“oh..dari mbak novi..,” wajahku tetap sama, cuek. Saat kubuka SMSnya…aku terbelalak! Aku langsung lari bilang sama umi. ”Umi! aku dapet SMS dari Mbak Novi! Katanya KOMIKKU DIMUAT!!” aku bilang kayak gitu seneeeeng banget, air mataku keluar sedikit waktu itu. katanya mbak novi bener..bukan karena jelek komiknya. Tapi karena udah ada yang duluan. Saat itu aku semakin semangat belajar!

Ulangan akhirnya berakhir, dan aku mulai membuat komik untuk tema bulan ini, liburan. Aku sudah punya ceritanya. Dan untuk bulan selanjutnya, kelas baru. Aku jg dah buat ceritanya sangking semangatnya!! Pada hari minggunya, saat malam minggu (waah..ngapain niih…ngaji doong!! Dibanding main ke pasar malem ), aku pulang kerumah..ternyata nyampe rumah Kompas mbales emailku, mereka Tanya no. telp sama rekening. Aku pake nomor rekeningnya abahku. Waktu baca rekening..yang dipikiranku..”ehehehhehe…mo di kirimin uang niih??(dasar mata duitan!)”

Aku langsung mikir, enak ya ngirim itu…klo rutin nanti bisa aja jadi terkenal! Juga, nanti klo ngirimkan bisa dapet duiit! Lumayan laah..padahal bikin komik itu gampang! Sesuatu yg sangat mudah begitu! Bikinnya mudah, bisa dapet uang…sesuatu yang segampang itu..kenapa waktu aku nabung buat beli gitar Cuma dari uang jajan saja!? Kenapa g kepikiran nambah uang dari mengirim..?



Yang paling penting, aku berterimakasiiiiiiiiiiiih banget sama mbak Novii!!! Karena slalu ngasih support dan informasi sama aku. Dan klo g da informasi itu..mungkin..kapan ya aku nyadar klo ngirim itu menyenangkan..aku baru ngerasa saying banget klo karyaku ini..Cuma jadi kesenangan tersendiri seperti yang aku bilang dulu.”aku nggak mau ngirim. Males. Nggak tertarik. Gambar tu buat kesenangan tersendirii!” sekarang aku jadi semangat berkarya!!! Pokoknya aku pingin ngomong sama mbak Novi: “Thank you, ありがとう, شكرا, 谢谢, merci, 감사합니다, TERIMA KASIH”

...

Ini komikku yg dimuat di KOMPAS edisi Jumat 10/6/2011



Tidak ada komentar:

Posting Komentar