Selasa, 15 Desember 2009

touring ke tanah dieng

minggu sehabis ujianku selesai, aku diajak touring bareng abah dan temen-temennya abah by motocycle. tujuannya ke dieng! kira-kira jam 7 lebih berangkat. sebelumnya ketemuan sama temennya abah di warung bakso. brum..brum..brum..nyampe' deh di warung bakso. di sana udah nunggu om didik. tapi sebelum berangkat ke dieng, aku dibeliin helm (>~<) di toko seberang. after that, aku kembali ke warung bakso. minum es jeruk, terus temennya abah dateng 3 lagi.

salah satunya adalah guru sd-ku, atau kalau di sana dipanggil ustad. klo yang biasanya dipanggil bu guru, disini dipanggil ustadzah. keren, kan!! namanya sekolah sdit (sekolah dasar islam terpadu) baitussalam!! jadi om yang aku panggil ustad itu namanya uztad dhanie (bacanya ustad dani). nah, kami mulai touring ini dengan doa dan dengan resmi touring ini...dimulai!! orangnya ada 6, so, pake' 3 motor. nah, kami mulai meluncur ke jalan yang akan membawa kami ke dieng.

aku membawa tas yang berisi buku tebel berjudul "5 menara". buku itu adalah buku favoritku. karena keritanya seuru banget! trus mp3 yang disuruh abah bawa. biar diperjalanan nggak bosen. selama diperjalanan, aku menikmati pemandangan hamparan sawah yang warna hijau sejuk. aku paling nggak suka jalan macet. apalagi diperjalanan, kami menemui pawai anak-anak pesantren. bukannya aku kesal, tapi seneng ngeliat adek-adek imut. pake' seragam silat warna hitam. setelah itu perjalanan makin naik, artinya makin ke gunung. dan ternyata itu bener.

tapi yang aku lihat in bukan pemandangan biasa di gunung. aku melihat gunung dibawahku, dalam jarak dekat. lalu aku melihat gunung merapi! baru pertama kali ini aku melihat gunung merapi sedekat ini. aku melihat bagian bawah merapi. dan yang aku lihat disana adalah pohon-pohon hijau. aku takjub waktu itu. aku lihat gunung itu terus tanpa ganti pemandangan. lama-kelamaan aku melihat bagian atasnya. tak terbayang ternyata yang selama ini aku kira gunung merapi itu warnanya abu-abu batu, ternyata adalah warna hijau sejuk. "subhanallah!! (>^<)" ucapku dalam benak. makin lama, aku terasa pemandangan dibawah makin dilahab kabut, dan udarapun semakin brrrr~~~~ duingiiin!(@~@) semua mulai memakai jaketnya masing-masing. dan aku hanya mematung (=_=) menunggu mereka selesai menggunakan jaket pelindung mereka. sedangkan aku....aku akan lewati perjalanan ini tanpa menggunakan jaket.... (>_<) so poor! lama-lama aku jagi bo~ring! lalu kepikiran ndengerin mp3. paling suka aku denger heal the world nyayiannya michael jacson. motor abah tiba-tiba melancang yang lainnya. wuiii! angin sejuk berhembus. jalannya menggeliat-geliat. misalnya naik ke atas sambil belok. sering kali aku bertemu dengan asap hitam...asap polusi! banyak kendaraan mondar-mandir. "uhuk-uhuk!(~_~)" benar-benar beasap! kemudian jalan berubah turun. zuiiiiiing....! jalannya berlikuk-likuk. jumlah kendaran tak mau kalah, so, you must be careful. zuing..zuing...zuing... abah tetap yang memimpin. dan pada akhirnya kami menemui jalan raya lagi. dijalan raya kami memasuki wilayah magelang. setelah melewati jalan raya, kami naik gunung lagi. tapi gunung ini lebih panjang daripada gunung yang barusan. dan ini...lebih hebat!! zuing, zuing, zuing, zuing, zuing.....aku mulai mengantuk. tapi, ada yang membuatku terbangun lagi....pipa-pipa raksasa. mereka ada dimana-mana. ada juga pipa-pipa kecil. yang kalau diliat dari tempatku, terlihat seperti benang-benang putih yang digatuhkan ke gunng, tapi asal tempat. wreng, wreng, wreng. kaya' gitu, lah! lalu 1 lagi yang membuatku bangun adalah, banyak teraseringnya. bahkan terlihat seperti tangga yang luas tapi tak rata. lalu terdapat tulisan besar bertuliskan"selamat datang ke dieng" hatiku senang sekali. tiba-tiba seorang temannya abah lapar. dan kami makan di warung makan seberang. kami masuk dan para ikhwan pilih minum "kopi abc susu" dan aku yang akwat sendiri pilih minum "energen"hm.....bagiku itu lebih enak. sambil menunggu makanan siap, aku baca buku 5 menara. ada yang menunggu dengan makan 10 tahu. ada yang 3. kalau aku makan cuma 1 tahu, sih. karena keasyikan baca buku. makanan akhirnya siap. kami mengambil piring yang sudah disiapkan. mengambil nasi secukupnya dan ambil sayur serta lauk. lauknya dengan telur dadar campur sedikit irisan cabe. kalau aku sama telur mata sapi. karena aku ini anti pedas. "bismillahirrahmanirrahim..." lalu kami santap dengan lahab. makan selesai, kami melanjutkan perjalanan. tak lupa abah beli permen mit buat mencegah kantuk datang. dan perut kami sudak terisi. dan inilah saat yang ditunggu tunggu. masuk ke kawah belerang yang di jalan masuknya adsa tulisan uap panas. "broom, broom, broom.." kami semua berhenti ditempat parkir. aku dan abah membeli bunga yang membuatku tertarik. kata penjualnya, bunga itu disebut bunga abadi. aku dan ayah handa tertarik membelinya. bentuknya seperti rambut kribo. hahaha...kami beli yang sudah berbunga dan yang belum. harganyapun beda sekali seperti yang aku bayangkan. ternyata harganya cuma 3 tiga ribu rupiah, sedangkan aku membayangkan harganya belasan ribu rupiah. lalu aku lewat oleh-oleh yang ada syalnya. mataku langsung berbinar-binar sudah lama aku menginginkan memiliki syal. tapi aku tak yakin abah akan membelikan syal itu. "kamu mau syal?" tanya abah menunjuk syal-syal itu. aku yang mendengar tidak percaya bercampur senang itu mengangguk senang. kami dekati toko oleh-oleh itu. dan memilih syal yang ada tulisannya "dieng"-nya. dan aku temukan syal warna biru tua banget berselang warna putih. ah..senangnya. warna paling aku suka! dengan menggunakan syal setaunya. nggak tau pake' syal tu kaya' gimana. lalu kami mencari jejak teman-temannya abah yang sudah jauh. kami jalan melewati jejak mereka. melewati tanah-tanah warna coklat campur kuning. baunya....minta ampun! kaya'...kaya'..ya kaya' gitu, lah. makin kesana makin bau. lalu aku mlihat gumpalan asap belerang. foto-foto..trus liat kawah belerang yang dibatasi dengan pagar bambu. yang di dalamnya ada kawah yang berisi dengan kolam air yang mendidih seperti air magma seperti di flim-flim. tapi warnanya abu-abu gelap. sangat mengerikan! sebelum pergi, kami foto-foto banyak kali. sebelum pulang juga aku dibelikan sarung tangan warna biru pula! tapi sayang...nggak ada yang warna biru tua banget. adanya biru muda. tapi aku tetap senang. oh, iya. abah juga beli manisan buah carica! buah apaan ini, ya!? dan perjalanan kami mengarah ke tempat oleh-oleh yang lebih rame. disitu, aku maksudnya abah beliin adekku yang pertama yang sekarang berusaha menempuh ujian beruntun (kelas 6 sd). dia paling suoka warna pink (dasar pinky girl!) beda jauh sama aku yang suka warna biru tua banget yang bagiku itu keuren banget!!(kaya' cowok..)dan aku paling benci sama warna pink!! terlalu feminim!! (sedangkan adekku terlalu cewek). kami bersantai disana. setelah puas, kami melanjutkan perjalanan. lama kami ber-touring, dan mataku mulai memaksaku beristirahat. dan dalam beberapa detik.."pluk!" paksaan itu menang, tapi aku tak mau menyerah. dengan setengah kesadaran, aku mulai terbangun. aku kehabisan permen, jagi aku harus berusaha keras. ketika aku membuka mata...aku sudah berada di daerah yang aku kenal. aku berusa bangun dengan seluruh tenagaku. dan ternyata, kami mampir ke warung bakso yang tadi. wajahku senang. berusaha bangun karena malu kalau ngantuk. kami mampir, minum es jeruk, lalu makan bakso!!mm...(jadi laper, nih). bakso sudah siap disantap. teknik makanku yang paling beda...dengan sumpit! aku kebiasaan kalau makan mie atau bakso, aku pake' sumpit. biar aku bisa makan seperti yang di jepang, negeri impianku. puas makan, kami pulang ke rumah masing-masing... 14-12-2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar